Set as default Homepage|Bookmark
 
 
» » » Hukum Berkunjung Dan Makan Bersama Non Muslim
Advertise

Hukum Berkunjung Dan Makan Bersama Non Muslim

Hukum Berkunjung Dan Makan Bersama Non Muslim



 
Erna Maruf
Salam.
Ustad, kalau dalam masalah keuangan negara yang telah tercampur antara halal dan haram maka di dalam islam kita tidak wajib menelitinya. Pertanyaan lain, kalau ada undangan makan dari teman yang muslim apakah kita tidak perlu cari tahu apakah dia membeli daging dari toko halal? Karena cukup banyak WNI di sini yang biasa beli daging di swalayan umum selama bukan daging babi. Lalu bagaimana pula bila kita bertamu ke rumah orang danish non muslim. Apakah gelas dan piringnya harus kita cuci sendiri sebelum digunakan?
Terima kasih.

Sinar Agama :
Quote:
Salam dan trims pertanyaannya:

(1). Kesimpulan uang itu sudah benar.

(2). Undangan makan di rumah muslim itu hukumnya adalah bersih. Kecuali kalau kita tahu bahwa ia tidak biasa hati-hati dan membeli di sembarang tempat di negeri kafir itu. Jadi, kalau kita tidak tahu teman tersebut tidak hati-hati, maka masih boleh memakannya, tapi kalau tahu bahwa tidak hati-hati, maka tidak boleh memakannya. Tapi kalau secara umum memang tidak hati-hati, maka hati-hatinya tidak memakannya.

(3). Kalau bertamu ke rumah kafir, maka gelas dan piringnya memang harus dicuci sebelum digunakan. Tapi kalau yang memasak masakannya itu adalah dia sendiri, maka apa gunanya mencuci piringnya Sementara makanannya tetap najis?

Erna Maruf :
Kalau bertamu ke rumah orang danish malah kita lebih afdhol masalahnya mereka jujur sebelum mengundang, dia bilang beli dagingnya dari toko halal hanya untuk kami. Alhamdulillah kami punya teman danish yang baik.

Karena itu pertanyaan kedua tadi adalah apabila makanannya sudah halal tapi wadahnya yang tidak apakah kita cuci lagi piring dan gelas itu?

Sinar Agama :
Quote:
@ Erna: Tapi kalau yang masak juga dia/kafir, terus apa gunanya piringnya dicuci. Toh makanannya najis?
 
Dear visitor, you are browsing our website as Guest.
We strongly recommend you to register and login to view hidden contents.

Comments:

Add Comments
Information
Would you like to leave your comment? Please Login to your account to leave comments. Don't have an account? You can create a free account now.