Set as default Homepage|Bookmark
 
 
Advertise

Hukum Tanah Wakaf

Hukum Tanah Wakaf

Facebook



 

Sang Pencinta: 

Salam , jka kita udh mewakafkan tanah untuk dibangun mesjid di atas nya, setelah berapa lama masjid itu tidak kunjung didirikan dan kita menarik tanah wakaf, tidak jadi diwakafkan. Apakah kita berhutang seharga tanah wakaf itu? trims ust.

 

Sinar Agama :

[quote] Salam dan trims pertanyaannya:

Kalau sudah diwakafkan, maka tidak bisa ditarik lagi dan kalau ditarik, mesti dikembalikan lagi. tetapi kalau sudah dijual, maka penggantiannya bukan uang tetapi tanah dengan ukuran yang sama, karena yang diambil bukan uang, tetapi tanah wakaf Islam.[/quote]

 

Ali Assegaf Senat Jatim :

Salam , apakah wakaf yang dilakukan seseorang non muslim juga bermakna wakaf dan berlaku hukum wakaf bila jatuh pada seorang muslim ?

 

Sinar Agama :

[quote]Ali: Saya yakin juga seperti itu walau amal si kafir itu tidak diterima Allah, akan tetapi wakafnya sudah menjadi hak Islam. tetapi kalau memang serius ada masalah seperti itu, maka Saya akan konfermasi dulu dengan kantor Rahbar hf bagian fatwa, i-Allah.

 

Sang Pencinta:

Bagaimana ketika mewakafkan tanah itu ke pengurus wakaf dikatakan bahwa tanah itu harus dijadikan mushola atau mesjid, kalo tidak dibangun tidak jadi wakafkan. Di sisi lain pengurus wakaf maunya mendirikan balai pemuda di mana hal ini sangat kita tolak dari awal. Setelah kita tunggu beberapa bulan tidak ada tanda realisasi pembangunan dan kita butuh dana mendesak saat itu. mohon penjelasan ust.

 

Sinar Agama:

[quote]Pencinta: SEcara lahiriah kalau wakafnya bersyarat, maka kalau tidak memenui syarat, bisa saja batal. tetapi syaratnya itu dalam jangka waktu atau tidak, maka harus diperhatikan juga . Karena kalau tidak ada masa waktunya, atau tidak dalam satu kondisi tertentu, maka wakafnya tlh menjadi milik Islam.[/quote]

Dear visitor, you are browsing our website as Guest.
We strongly recommend you to register and login to view hidden contents.

Comments:

Add Comments
Information
Would you like to leave your comment? Please Login to your account to leave comments. Don't have an account? You can create a free account now.
Antara Buku Fikih dan Alumnus Hauzah, Antara Kemashlahatan dan Mafsadah, Barang Siapa yang Mencintai Kami Ahlulbait, Beristikharah dengan Qur'an, bukan anak zina) dan Seputar Keshahihan al-Kaafii, Chatting Dgn Non Muhrim Haramkah, Doa Memakai Batu Permata dan Seputar Giok, Doa Nabi Saat Pernikahan Putrinya as, Dzanbun dalam QS Al-Fath, Em Fatima rezei por ti. Di Fatima aku berdoa untukmu, Hari Duka Kesyahidan imam Ali al-Ridha as, hari naas, Hijab, itu berarti menentang hukum Tuhan mas, Kafan Jausyan Kabir dan Khasiatnya, Kamus Makanan Seri II, Keluarga dan Sahabat Nabi, Kerja Di Majikan Non-Muslim dan Menyediakan Daging Babi Utk-nya, Kesok Butaan Wahabi, Kota Fatima, Maka Bersiaplah Untuk Menjadikan Kafakiran Itu Sebagai Bajunya, Mauluud Mubaarak, Menjawab Tuduhan Imam Hasan as Menikah Ratusan Kali, Menurut Sebagian Orang Tahu Indonesia, Merasa Benar Tanpa Maju Ke Medan Diskusi, Niat Qashar Zuhur dan Ashar Dalam Safar, Pelaknatan Terbuka Terhadap Simbol Mazhab Lain dan Konsekuensinya, Penjelasan Riwayat Keutamaan Mut'ah dan Halalnya Mut'ah, Pertanyaan Gado-Gado, Pertanyaan Inbox Yang Cukup Ra'syih Tentang Surat Wilayah, Pertanyaan Inbox Yang Menarik (selain syi'ah, Poligami dan Mut'ah: Akhlak, Sanad dan Matan Riwayat: Ikutilah 4 Khalifah Rasyid, Seluk Beluk dan Problemnya Seri I, Seluk Beluk dan Problemnya Seri IIWidodo Abu Zaki Orang syiah ngak bakalan anti MT, Seri I, Seri II, tabir Takbir Mimpi, Untung Cepat Ku Save Hal-hal yang Ganjil seperti Berikut ini, Ust Abu Ammar dan Ust Abdurrahman Arfan di Qum

» Show all tags