Set as default Homepage|Bookmark
 
 
» » » Hukum Tanah Wakaf
Advertise

Hukum Tanah Wakaf

Hukum Tanah Wakaf

Facebook



 

Sang Pencinta: 

Salam, jka kita udh mewakafkan tanah utk dibangun mesjid di atas nya, stlh berapa lama masjid itu tidak kunjung didirikan dan kita menarik tanah wakaf, tidak jadi diwakafkan. Apakah kita berhutang seharga tanah wakaf itu? trims ust.

 

Sinar Agama :

[quote]SAlam dan trims pertanyaannya:

Kalau sudah diwakafkan, maka tidak bisa ditarik lagi dan kalau ditarik, mesti dikembalikan lagi. tetapi kalau sudah dijual, maka penggantiannya bukan uang tetapi tanah dengan ukuran yang sama, karena yang diambil bukan uang, tetapi tanah wakaf Islam.[/quote]

 

Ali Assegaf Senat Jatim :

salam, apakah wakaf yang dilakukan seseorang non muslim juga bermakna wakaf dan berlaku hukum wakaf bila jatuh pada seorang muslim ?

 

Sinar Agama :

[quote]Ali: Saya yakin juga seperti itu walau amal si kafir itu tidak diterima Allah, akan tetapi wakafnya sudah menjadi hak Islam. tetapi kalau memang serius ada masalah seperti itu, maka saya akan konfermasi dulu dengan kantor Rahbar hf bagian fatwa, i-Allah.

 

Sang Pencinta:

Bagaimana ketika mewakafkan tanah itu ke pengurus wakaf dikatakan bahwa tanah itu harus dijadikan mushola atau mesjid, kalo tidak dibangun tidak jadi wakafkan. Di sisi lain pengurus wakaf maunya mendirikan balai pemuda di mana hal ini sangat kita tolak dari awal. Setelah kita tunggu beberapa bulan tidak ada tanda realisasi pembangunan dan kita butuh dana mendesak saat itu. mhn penjelasan ust.

 

Sinar Agama:

[quote]Pencinta: SEcara lahiriah kalau wakafnya bersyarat, maka kalau tidak memenui syarat, bisa saja batal. tetapi syaratnya itu dalam jangka waktu atau tidak, maka harus diperhatikan jg. Karena kalau tidak ada masa waktunya, atau tidak dalam satu kondisi tertentu, maka wakafnya tlh menjadi milik Islam.[/quote]

Dear visitor, you are browsing our website as Guest.
We strongly recommend you to register and login to view hidden contents.

Comments:

Add Comments
Information
Would you like to leave your comment? Please Login to your account to leave comments. Don't have an account? You can create a free account now.