Set as default Homepage|Bookmark
 
 
Sinar Agama » Beranda » Seputar Islam » Kamus Istilah » Makna Angka 40 dalam Islam
Advertise

Makna Angka 40 dalam Islam

Makna Angka 40 dalam Islam
Facebook



Bayu Bojot:
salam.mhon bimbingannya, makna 40 hari dalam islam?misal, Rosululoh saww 40 hr di gua hiro,40 hr sblum meninggal,ada peringatan 40 hr stelah kematian,dan msih bnyak lg? maknanya apa angka 40 ini dalam islam? syukron wa afwan.

Sinar Agama :
Quote:
Salam dan trims pertanyaannya:

Banyak sekali dalam ayat dan riwayat tentang angka 40 ini, apakah hari atau lainnya seperti tahun atau orang.

Misalnya, i'tikafnya nabi Musa as adalah 40 hari, atau siapa berumur 40 tahun dan belum memamfaatkan shalatnya maka mukanya diusap syethan sambil berkata "Kamu sudah menjadi pengikutku" (tentu saja maksudnya lebih berat untuk taubat, bukan mustahil sama sekali, karena taubat itu terbuka sampai mati), atau seperti mendoakan 40 orang di shalat malam atau kesasaksian 40 orang untuk orang mati.

Angka 40 ini juga untuk angka2 keburukan, seperti yang minum minuman keras membuat shalatnya tidak diterima selama 40 hari.

Walhasil, angka 40 ini mmg banyak dalam ayat dan riwayat yang , tentu Allah dan maksumin as yang tahu.

Kalau boleh meraba, angka tersebut adalah angka kesempurnaan bagi sebuah proses. Karena itu, lawannya juga dapat menghancurkan 40 tahapan proses itu, seperti pembatalan 40 hari shalat tersebut. Artinya, angka 40 itu, sesuai dengan kisaran proses kesempurnaan bagi manusia dimana sudah sesuai dengan tatanan ciptaan manusia oleh Tuhan. Allahu A'lam.
Dear visitor, you are browsing our website as Guest.
We strongly recommend you to register and login to view hidden contents.

Comments:

Add Comments
Information
Would you like to leave your comment? Please Login to your account to leave comments. Don't have an account? You can create a free account now.