Set as default Homepage|Bookmark
 
 
» » Lensa (Bgn. 17): Ritual Pemanggilan Ruh dan Sesajen
Advertise

Lensa (Bgn. 17): Ritual Pemanggilan Ruh dan Sesajen

Lensa (Bgn. 17): Ritual Pemanggilan Ruh dan Sesajen
Facebook



Farel Abdl:
Assalamu alaikum Uastad.
apakah kesenian kuda lumping itu perbuatan syirik mengingat memuja/memanggil arwah dengan memberikan sesajen dan memberi makan orang yang dirasuki setan kalap...

Sinar Agama:
Quote:
Salam dan terima kasih pertanyaannya:

Memanggil syethan, ruh, jin, malaikat dan manusia, semua itu adalah sama saja. Artinya tidak ada yang syirik.

Akan tetapi kalau untuk disembah dan dituhankan, maka itu baru dikatakan syirik.

Tetapi kalau hanya meminta bantuan, maka hal itu tidak syirik. Dan permasalahannya menjadi masalah fikih, bukan akidah.

Jadi, kalau memanggil syethan dan meminta tolong padanya, maka hal itu haram hukumnya, termasuk juga meminta tolong kepada ruh. Semuanya itu bisa terjadi, akan tetapi hukumnya haram.

Farel Abdl:
apa itu termasuk perbuatan dosa memberi sesajen membakar dupa dan bagaimana hukum orang yang kalap tersebut

Sinar Agama :
Quote:
Kalau meminta tolong pada ruh sesuai dengan anjuran agama, yakni memintanya untuk mensyafaatinya, mendoakannya, maka hal itu tidak haram. Sudah tentu kelau memintanya kepada ruh pada nabi, imam dan wali serta orang-orang shalih.

Kalau memanggil malaikat dan meminta tolong untuk tujuan-tujuan dunia, seperti tenaga dalam dsb, ada ulama seperti imam Khumaini ra yang mengharamkannya.

Tetapi katanya ada yang menghalalkannya. Tentu saja kekuatan tenaga dalam atau batinnya itu atau supra naturalnya itu kalau digunakan kepada kebaikan.

Catatan: Kita tidak bisa seperti wahhabi yang menjual syirik dimana-mana. Syirik itu adalah menuhankan selain Tuhan atau menyembahnya. Tetapi kalau tidak sampai ke situ, maka biasanya tidak sampai ke tingkat syirik sekalipun terhukumi dengan haram.


wassalam
_________________
Dear visitor, you are browsing our website as Guest.
We strongly recommend you to register and login to view hidden contents.

Comments:

Add Comments
Information
Would you like to leave your comment? Please Login to your account to leave comments. Don't have an account? You can create a free account now.
Air Kurr dan Air Qalil, Antara Buku Fikih dan Alumnus Hauzah, Antara Kemashlahatan dan Mafsadah, Berislam Secara Kaffah, Beristikharah dengan Qur'an, Chatting Dgn Non Muhrim Haramkah, Doa Nabi Saat Pernikahan Putrinya as, Dzanbun dalam QS Al-Fath, Gereja Sebagai Tempat Dakwah, Hari Duka Kesyahidan imam Ali al-Ridha as, Hijab, Indonesia dan Membangun Asa Dari Gelapnya Tanah Rabadzah, Iran, Kafan Jausyan Kabir dan Khasiatnya, Kamus Makanan Seri II, Keluarga dan Sahabat Nabi, Kerja Di Majikan Non-Muslim dan Menyediakan Daging Babi Utk-nya, Ketika Mujtahid dan Filsuf Memecahkan Masalah, Komersialisasi Doa, Kota Fatima, Mauluud Mubaarak, Mencintai Orang Tua, Menjawab Tuduhan Imam Hasan as Menikah Ratusan Kali, Menurut Sebagian Orang Tahu Indonesia, MLM Dlm Tinjauan Fatwa oleh Ust Abu Qurba, Mut'ah Antara Anjuran dan Cegahan (sketsa istinbath), Niat Qashar Zuhur dan Ashar Dalam Safar, Pelaknatan Terbuka Terhadap Simbol Mazhab Lain dan Konsekuensinya, Penjelasan Riwayat Keutamaan Mut'ah dan Halalnya Mut'ah, Pernyataan Arif Besar Ayatullah Bahjat ra Tentang Persatuan Islam, Pertanyaan Gado-Gado, Pertanyaan Inbox Yang Cukup Ra'syih Tentang Surat Wilayah, Poligami dan Mut'ah: Akhlak, Portugal, Sanad dan Matan Riwayat: Ikutilah 4 Khalifah Rasyid, Seluk Beluk dan Problemnya Seri I, Seluk Beluk dan Problemnya Seri IIWidodo Abu Zaki Orang syiah ngak bakalan anti MT, Surat Perintah Yazid Untuk Membunuh Imam Husan as, tabir Takbir Mimpi, Untung Cepat Ku Save Hal-hal yang Ganjil seperti Berikut ini

» Show all tags